RSS

Espesso, Macchiato, Cappucino? What's the difference?

Kopi, nama minuman yang satu ini tentu saja sudah tidak asing lagi di telinga kita, bukan? Minuman berwarna hitam pekat ini banyak dicandui oleh seluruh lapisan masyarakat, walau banyak juga yang tidak menyukainya karena rasa pahit dari kopi itu.
Kopi terkenal akan kandungan kafeinnya yang tinggi. Kafein sendiri merupakan senyawa hasil metabolisme sekunder golongan alkaloid dari tanaman kopi dan memiliki rasa yang pahit. Jadi, rasa pahit dari kopi dikarenakan adanya kandungan kafein di dalamnya.



Secara garis besar, biji kopi dibagi menjadi dua yakni arabika dan robusta. Kopi arabika merupakan tipe kopi tradisional dengan cita rasa terbaik. Sebagian besar kopi yang ada dibuat dengan menggunakan biji kopi jenis ini.
Sedangkan kopi robusta dapat dikatakan sebagai kopi kelas dua, karena rasanya yang lebih pahit, sedikit asam, dan mengandung kafein dalam kadar yang jauh lebih banyak. Hal ini menjadikan kopi robusta lebih murah.

Seiring berjalannya waktu, kini banyak varian baru dari olahan kopi seperti espresso, macchiato, dan cappuccino. Mungkin banyak dari kalian yang bertanya, apa sih bedanya? Nah, berikut saya akan menjelaskan perbedaan beberapa jenis olahan kopi yang sering kita temui...

1. Espresso
Berasal dari bahasa Italia; adalah kopi yang dikonsentrasikan (sangat pekat) yang dibuat dengan menuangkan air yang sangat panas, tapi tidak mendidih, ke kopi di bawah tekanan tinggi. Sangat digandrungi oleh pecandu kopi sejati karena emiliki citarasa kopi yang sebenarnya. Aroma kopi pada secangkir espresso sangat kuat dan harum. Karena pekat, espresso cenderung lebih kental dan lembut. Rasa dari espresso yaitu pahit namun akan meninggalkan kesan manis di mulut.

2. Macchiato
Berasal dari bahasa Italia (artinya : ditandai dengan bercak); adalah minuman kopi yang dibuat dengan mencampurkan espresso dengan susu. Ada dua jenis macchiato yang biasanya disajikan, yaitu espresso macchiato dan latte macchiato.
Espresso macchiato dibuat dengan menambahkan sedikit susu ke dalam segelas espresso. Sedangkan latte macchiato adalah espresso yang ditambahkan ke dalam segelas susu. Perbandingan dari susu dan kopi dalam espresso macchiato ini adalah 1:4.

3. Cappuccino
adalah minuman khas Italia yang dibuat dari espresso dan susu. Cappuccino biasanya didefinisikan sebagai 1/3 espresso, 1/3 susu yang dipanaskan dan 1/3 susu yang dikocok hingga berbusa. Definisi yang lain, menyebutkan 1/3 espresso dan 2/3 mikrofoam. Umumnya pada bagian atasnya ditaburi bubuk coklat ataupun kayu manis.

4. Latte / Caffè latte
Berasal dari bahasa Italia (artinya : kopi susu); adalah espresso yang dicampur dengan susu dan memiliki lapisan busa yang tipis di bagian atasnya. Perbandingan antara susu dengan kopi pada caffè latte adalah 3:1. Sehingga lebih terasa susunya dibanding cappuccino. Biasanya saat menuang susu ke dalam espresso, seorang barista (sebutan untuk seseorang yang pekerjaannya membuat dan menyajikan kopi kepada pelanggan) akan membentuk desain-desain tertentu seperti hati, daun, apel ataupun rangkaian daun.

5. Café au Lait
Berasal dari bahasa Perancis (artinya : kopi susu); adalah campuran kopi hitam, bukan espresso yang tajam dengan susu panas. Perbandingan susu dengan kopi dalam café au lait adalah 1:1 sehingga rasa dari kopi tidak terlalu intens.

Tambahan, Kopi Luwak
adalah jenis kopi yang lain merupakan turunan atau subvarietas dari kopi arabika dan robusta asli Indonesia dengan harga jual tertinggi di dunia. Proses terbentuknya dan rasanya yang sangat unik menjadi alasan utama tingginya harga jual kopi jenis ini.
Pada dasarnya, kopi ini merupakan kopi jenis arabika. Biji kopi ini kemudian dimakan oleh luwak atau sejenis musang. Akan tetapi, tidak semua bagian biji kopi ini dapat dicerna oleh hewan ini. Bagian dalam biji ini kemudian akan keluar bersama kotorannya. Karena telah bertahan lama di dalam saluran pencernaan luwak, biji kopi ini telah mengalami fermentasi singkat oleh bakteri alami di dalam perutnya yang memberikan cita rasa tambahan yang unik.

Semoga artikel ini dapat memberi manfaat bagi para pembaca sekalian.

Source : id.wikipedia.org

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar